Oleh: KH. DR. Amir Faishol Fath, MA.

Surat Al Fath ayat 1-4

1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata, 2- supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus, 3- dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak). 4- Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (AL FATH 1-4)

Ayat ini berisi pesan kemenangan bagi orang beriman dalam menghadapi berbagai masalah yang dihadapi . Ayat 1 dan 2 diturunkan setelah perjanjian Hudaibiyah , dimana Rasulullah menangkap isyarat kemenangan yang dijanjikan Allah dalam kandungan ayat tersebut. Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari, Imam Turmudz i dan Imam Nasai Rasululah bersabda :”….tadi malam diturunkan kepadaku suatu surat yang lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya, yaitu “ Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata, supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang “ …(Al Fath 1-2).

Al Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat manusia sampai akhir zaman, sampai sekarang apa yang dijanjikan Allahdalam surat Al Fath ayat 1-4 diatas masih tetap berlaku bagi orang yang beriman. Ada 8 pesan yang terkandung dlam surat Al Fath ayat 1-4 diatas:

Allah telah memberikan kemenangan yang nyata pada orang yang beriman
Allah akan mengampuni dosa mereka yang telah lalu dan yang akan datang
Allah akan menambahkan berbagai kenikmatan bagi mereka diatas kenikmatan yang sudah ada
Allah akan menunjuki mereka jalan yang lurus , yang penuh dengan rahmat dan berkahNya
Allah akan menolong mereka dengan pertolongan yang dahsyat ari sisiNya
Allah akan menurunkan ketenangan kedalam hati mereka
Allah akan meneguhkan iman dan keyakinan mereka
Allah yang memiliki tentara langit dan bumi, maha mengetahui dan maha bijaksana terhadap hamba hambaNya.
Bagi mereka yang yakin dan percaya pada janji Allah dalam surat Al Fath diatas , insya Allah akan mendapatkan dan menemui semua yang dijanjikan Allah dalam surat tersebut.

Sejak diturunkannya sesudah perjanjian Hudaibiyah Rasulullah telah menikmati kemenangan demi kemenangan , hingga berhasil menaklukan kota Mekah tanpa ada pertumpahan darah dan perlawanan sedikitpun dari kaum Musyrikin Mekah. Setelah Rasulullah wafat Kemenangan demi kemenangan itu terus diraih kaum Muslimin diseluruh dunia hingga sekarang ini dan akan terus berlaku sampai akhir zaman. Siapa yang yakin dan percaya akan janji Allah dalam surat Al Fath itu insya Allah akan merasakan kemenangan demi kemenangan yang dijanjikan itu dalam perjalanan hidupnya.

Hafalkan ke empat ayat tersebut, pahami artinya kemudian tadabburi dan mohon pada Allah agar diberikan semua yang dijanjikan dalam surat al Fath tersebut, insya Allah anda akan mengalami keajaiban demi keajaiban dalam hidup anda. Kemenangan demi kemenangan, sukses demi sukses akan anda raih dalam perjalanan hidup anda. Allah tidak pernah mengingkari janjiNya, apa yang dijanjikanNya pasti dipenuhi.

Bagi anda yang ingin meraih sukses dalam karir, bisnis, usaha,profesi dan lain sebagainya, insya Allah dengan menghafal dan mentadabburi keempat ayat tersebut akan mendapat berbagai kemudahan dan keberhasilan dalam menjalani usahanya. Tadabbur surat Al Fath ini bisa dibaca sesudah shalat wajib terutama selesai shalat subuh dan maghrib atau sesudah shalat malam dan dhuha. Baca tadabbur tersebuat dengan khusuk dan penuh penghayatan. Rasakan getaran energi yang muncul dari pengaruh bacaan tadabbur tersebut.

Tadabbur bisa dilakukan dengan mendengar atau membaca teks, yaitu tulisan huruf Al Qur’an serta teks tadabbur dalam bahasa Indonesia dibaca dengan tartil dan penuh penghayatan, seperti contoh pada video berikut ini. Anda bisa mendown load video ini . Pada tahap awal anda hanya mendengarkan saja usahakan hati dan fikiran anda fokus pada ayat dan baca tadabbur yang didengar. Rasakan getaran energi yang muncul didalam diri anda.

Selanjutnya anda bisa mematikan suaranya kemudian anda tadabburi dengan membaca sendiri surat Al Fath tersebut berikut tadabburnya dengan khusuk dan penuh penghayatan. Rasakan energi yang muncul didalam diri anda. Jika anda membaca dengan benar dan khusuk akan muncul getaran energi didada dan sekujur tubuh anda, kadangkala muncul dorongan untuk menangis. Perhatikan video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.